Monday, December 10, 2012

Kkakdugi (Kimchi Lobak Berbentuk Dadu)


Kkakdugi (Kimchi Lobak Berbentuk Dadu)

Kkakdugi adalah jenis kimchi yang dibuat dari lobak. Kimchi jenis ini sering digunakan sebagai menu sampingan yang melengkapi makanan utama. Menu ini konon diciptakan oleh Putri Sukseon, anak dari Raja Jeongjo, pada jaman Dinasti Joseon.



Bahan:
2kg lobak putih Korea (daikon), cuci dengan air dingin dan keringkan, potong dadu 2cm
2sdm garam
2sdm gula
2sdm bawang putih cincang
1sdt jahe cincang
4batang daun bawang
60ml saus ikan
85g bubuk cabai


Cara Membuat:
Masukan lobak dalam wadah dan campurkan dengan garam dan gula hingga rata. Diamkan selama 30 menit (aduk dengan tangan setiap 10 menit sekali hingga sari lobak keluar)
Sisihkan 60ml sari lobak
Masukan bawang putih, jahe, dan daun bawang beserta saus ikan, bubuk cabai, dan sari lobak. Aduk hingga semua bumbu campuran merata dan lobak terlihat berair.
Masukan campuran lobak dan bumbu ke dalam sebuah toples. Tekan saat memasukkan agar udara yang ada di antara kimchi lobak dapat keluar.
Kimchi lobak dapat langsung disajikan atau disimpan di dalam kulkas. Jika ingin difermentasikan, simpan kimchi lobak ini di dalam ruangan dengan temperature kamar normal. Proses fermentasi ditandai dengan adanya balon udara kecil diatas kimchi lobak, dan aroma kimchi lobak yang kuat dan sedikit asam. Setelah proses fermentasi, simpan kimchi lobak di dalam kulkas.

No comments:

Post a Comment