Saturday, November 17, 2012

Ikan & Kentang Krispi


Ikan & Kentang Krispi

SELASA, 13 NOVEMBER 2012 15:27 wib
Johan Sompotan - Okezone

detail berita
(Foto: corbis)
GORENGAN, banyak orang menyukai kerenyahan dan rasanya yang gurih. Ada lagi menu gorengan yang bisa menjadi rekomendasi, namanya fish and chips, seperti resepnya diulas laman Readerdigest.

Bahan adonan tepung:

256 gram tepung
Garam secukupnya
250 ml air dingin

Bahan ikan dan kentang:
5 buah kentang, kupas lalu cuci
Minyak sayur untuk menggoreng
4 hingga 5 ekor ikan fillet
2 sdm tepung, bumbui garam dan merica
Garam dan kulit jeruk lemon untuk hiasan

Cara membuat:

1. Untuk adonan: aduk bersama garam, air, dan tepung hingga cukup kekentalannya. Bisa juga dicampur dengan mesin penggiling makanan (food processor) kemudian pindahkan ke mangkuk besar untuk pencelupan. Tutup dan tunggu sekira 30 menit hingga dua jam.

2. Potong kentang berbentuk panjang ukuran 5 mm, lalu rendam selama lima menit di dalam air dingin untuk menghilangkan kotorannya. Tiriskan dan tepuk hingga kering.

3. Panaskan minyak goreng pada suhu 195 derajat Celsius, isi dengan minyak hingga cukup merendam kentang. Goreng kentang selama 4 hingga 5 menit atau setengah matang. Angkat dan tiriskan di atas handuk kertas lalu sisihkan.

4. Biarkan suhu minyak turun menjadi 175 derajat Celsius lalu goreng ikan yang telah dicelupkan ke dalam adonan tepung. Goreng ikan fillet dengan penjepit sekira lima menit atau hingga warnanya cokelat keemasan. Gunakan penyaring kawat untuk meniriskan minyaknya, juga berikan handuk kertas di bagian bawah.

5. Naikkan suhu minyak menjadi 200 derajat Celsius kemudian goreng kembali kentang yang sudah digoreng setengah matang selama dua hingga tiga menit sampai garing. Tiriskan lalu taburi garam.

6. Susun ikan dan kentang di piring saji lalu hiasi dengan irisan jeruk lemon.

No comments:

Post a Comment